Home » , » Lokasi dan Rute Gunung Ireng Pengkok Patuk Gunung Kidul

Lokasi dan Rute Gunung Ireng Pengkok - Lagi-lagi Gunung Kidul. Ya, Gunung Kidul seolah tak pernah dan tak akan kehabisan tempat-tempat menar...

Lokasi dan Rute Gunung Ireng Pengkok Patuk Gunung Kidul

Written By Admin on Wednesday, March 9, 2016 | 2:48 PM

Lokasi dan Rute Gunung Ireng Pengkok - Lagi-lagi Gunung Kidul. Ya, Gunung Kidul seolah tak pernah dan tak akan kehabisan tempat-tempat menarik yang menjadi tempat wajib untuk dikunjungi. Gunung Ireng, adalah tempat nongkrong yang kini mulai populer di kalangan para pecinta wisata pegunungan, dan tentu saja, para pemburu selfie. Lokasi Gunung Ireng terletak di Dusun Srumbung, Desa Pengkok, Pathuk, Gunung Kidul. Sebagai wisata pegunungan, Gunung Ireng menawarkan pemandangan alam yang luar biasa berupa pemandangan hamparan sawah luas yang terlihat menarik di tengah-tengah pedesaan.
Lokasi gunung Ireng pengkok saat pagi hari (IG @sebelumbangun)

Harga Tiket Masuk Gunung Ireng Pengkok

Sekedar informasi, pengunjung yang masuk ke Gunung Ireng harus membayar sebesar Rp 5000, yang merupakan tiket masuk sekaligus ongkos parkir. Cukup murah untuk tempat wisata menarik seperti Gunung Ireng ini. Yang perlu diketahui dari Gunung Ireng ini adalah, ternyata di Gunung Ireng ini terdapat sebuah legenda kisah Raden Bratasena, salah satu tokoh pewayangan. Disebutkan bahwa Raden Bratasena merasa marah karena banyak kera di Gunung Merapi bermain bintang di puncak Merapi. Karena marah, Raden Bratasena menendang kera tersebut. Sayang tendangannya meleset dan mengenai puncak Merapi. Puncak Merapi tendangan Raden Bratasena tersebut terlempar sampai ke Dusun Srumbung ini dan menjadi Gunung Ireng.

Sesuai namanya, Lokasi Gunung Ireng terdapat banyak batu-batu hitam yang terbentang dari timur ke barat. Selain itu, Gunung Ireng juga dikenal dengan sebutan Gunung Botak karena tak ada pepohonan di sekitar gunung. Untuk menikmati pemandangan yang maksimal di Gunung Ireng, pengunjung bisa datang di pagi hari karena gunung ini akan memberikan pemandangan sensasional berupa lautan kabut. Sedikit berbeda dengan sungai kabut di Mangunan, Bantul. Atau kalau tidak pagi hari, sore hari akan menjadi momen yang pas untuk menjadi saksi eksotisnya matahari terbenam dari Gunung Ireng.
Rute Menuju Gunung Ireng, Sunset (gedangsari.com)

Rute Menuju Gunung Ireng Pengkok Patuk Gunung Kidul

Untuk menemukan Gunung Ireng, pengunjung dari arah mana saja untuk menemukan perempatan Radio GCD kemudian belok kiri untuk yang datang dari arah Wonosari, atau belok kanan bagi yang datang dari arah Yogyakarta. Dari arah perempatan Radio GCD, arahkan ke Desa Pongkok untuk selanjutnya menemukan Balai Desa Pongkok. Setelah itu ke pertigaan Kebonkuning ambil kanan hingga menemukan gapura Gunung Ireng berwarna hijau. Tempat wisata Gunung Ireng dikelola oleh warga sekitar, meski begitu tempat ini begitu bersih sehingga pengunjung disarankan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Itulah informasi mengenai lokasi dan rute Gunung ireng pengkok Gunung Kidul yang lagi ngetrend saat ini, bagaimana? tertarik untuk mengunjunginya?
SHARE

0 comments :

Post a Comment