Home » , , » 3 Wisata Alam Menakjubkan di Kota Balikpapan

Kalimantan merupakan pulau terbesar yang dimiliki oleh Indonesia. Dengan luas sekitar 743 kilometer persegi, pulau ini menyimpan keindahan a...

3 Wisata Alam Menakjubkan di Kota Balikpapan

Written By Admin on Friday, October 28, 2016 | 8:52 PM

Kalimantan merupakan pulau terbesar yang dimiliki oleh Indonesia. Dengan luas sekitar 743 kilometer persegi, pulau ini menyimpan keindahan alam tersendiri yang patut Anda kunjungi. Oleh sebab itu memilih Pulau Kalimantan sebagai destinasi berlibur Anda merupakan pilihan tepat. Pulau yang terletak di bagian Indonesia tengah ini memiliki banyak pilihan destinasi wisata seperti thema park, tempat – tempat bersejarah dan keasrian alamnya.

Pulau yang masih didominasi dengan banyaknya hutan dan tumbuhan hijau ini merupakan salah tempat bergantungnya Indonesia. Fungsi utamanya menjadi penghasil oksigen terbesar di Indonesia sehingga disebut – sebut sebagai paru – paru Indonesia. Negara disekitarnya, seperti Malaysia, Brunei dan Singapura juga masih tergantung dengan pasokan oksigen yang dimiliki pulau ini.

Sumber: greenpeace.org

Salah satu kota yang masih terjaga akan keasriannya adalah Balikpapan, ibukota dari Kalimantan Timur. Wilayahnya yang masih didominasi oleh kawasan hijau, Balikpapan banyak menyuguhkan beberapa destinasi wisata asri andalannya. Selain itu Balikpapan juga disebut sebagai kota minyak dikarenakan menjadi salah satu kota penghasil minyak utama di Indonesia.

Melihat akan hal tersebut tentunya mengundang rasa penasaran kita untuk mengunjungi kota yang satu ini, sehingga dapat menjadi opsi liburan selanjutnya. Untuk menjadikan Balikpapan sebagai opsi kota wisata di Indonesia, maka pemerintah daerah dan beberapa online travel agent pun memberikan penawaran menarik untuk menarik para wisatawan.

Terkait hal penerbangan menuju kota ini, beberapa maskapai pun berlomba – lomba untuk memberikan penawaran terbaik untuk melayani liburan Anda. Pilihan untuk kelas atas, Anda bisa menikmati Garuda Indonesia dan Batik Air. Selain itu juga terdapat Kalstar Aviation, jika Anda ingin mencoba penerbangan lainnya. Anda dapat pesan tiket Kalstar Airdi beberapa online travel agent, Garuda Indonesia dan Batik Air pun juga demikian.

Sumber: getborneo.com
Lalu apa saja yang dapat Anda kunjungi saat berada di Balikpapan? Inilah beberapa destinasi alam terbaik yang dimiliki oleh kota Balikpapan.
1.     Hutan Bakau Margomulya
Pulaun Kalimantan tersohor akan penghasil oksigen utama di Indonesia dikarenakan memiliki banyaknya pepohonan. Salah satu kota yang turut mendukung hal ini adalah Balikpapan dengan Hutan Bakau Margomulya.

Hutan Bakau Margomulya berlokasi di pusat Kota Balikpapan. Pihak pengelola tempat ini mengadakan jembatan kayu dengan panjang 800 meter untuk membantu Anda dalam mengelilingi sambil menikmati keasrian alam yang dihadirkan. Lalu hal ini juga ditambah dengan adanya sebuah menara intai yang berguna untuk melihat kegiatan burung di hutan bakau ini. Tidak  hanya itu, di sana juga terdapat hewan Bekantan yang dapat dilihat saat pagi hari.

Hal ini pun juga ditambahkan dengan pihak pengelola yang membebaskan biaya masuk untuk menikmati keindahan Hutan Bakau Margomulya. Tetapi walaupun gratis, mereka berharap kepada setiap pengunjung untuk selalu menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan lokasi.
Sumber: balikpapantoday.net

2.     Hutan Lindung Sungai Wain 

Hutan Lindung Sungai Wain menyajikan tempat penangkaran hewan terbaik milik Balikpapan. Ditambah lagi tempat ini belum terjamah banyak orang. Tentunya hal ini akan menambah kekhusuan berlibur Anda.

Hutan Lindung Sungai Wain memiliki beberapa satwa yang dilindungi seperti Beruang Madu, Orang Utan dan lainnya. Selain itu juga terdapat flora menarik seperti kantong semar dan lainnya.

Hutan Lindung Sungai Wain berlokasi di Jalan Balikpapan – Samarinda KM 23. Untuk menikmati tempat ini, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp350.000,- untuk 1 – 6 orang. Hal ini pun juga tergantung dengan paket yang dipilih, yang itu berdasarkan jumlah orang yang membersamai. Lalu dalam mengelilinginya, terdapat 2 pilihan tur yaitu “Track Eko – PLH – Kebun Raya” atau “Mangrove dan Selok Puda”.
Sumber: Kalimantan-news.com

3.     Penangkaran Buaya Teritip

Walaupun tergolong hewan berdarah dingin, buaya harus tetap dijaga populasinya untuk memberikan keseimbangan ekosistem. Penangkaran Buaya Teritip melindungi 1.450 ekor buaya dari berbagai macam spesies. Pilihan tempat ini dapat menjadi pilihan menari untuk waktu liburan Anda bagi penyuka hewan reptil bersisik ini.

Hal yang dapat Anda lakukan di destinasi wisata ini salah satunya adalah memberikan makanan kepada buaya dengan seekor ayam. Melihat suasana buaya berebut seekor ayam tersebut dapat menjadi hiburan tersendiri bagi kita. Selain itu, Anda juga dapat menunggangi Gajah Lampung yang dimiliki pihak pengolala untuk mengelilingi tempat ini. Dan untuk wisata kuliner, Anda dapat menikmati enaknya sate daging yang disajikan.

Sumber: detik.com

Itulah 3 tempat wisata alam menakjubkan yang dimiliki kota Balikpapan. Semua yang dihadirkan berguna untuk memajukan dan melestarikan alam di Pulau Kalimantan sehingga dapat terus menjadi paru – paru Indonesia, bahkan dunia. Happy Trip!
SHARE

0 comments :

Post a Comment