Home » , » Lokasi dan Rute Menuju Pantai Watulawang Gunung Kidul

Lokasi Pantai Watulawang - Gunung Kidul seakan tak pernah kehabisan pantai pantai baru nan indah. Kabupaten yang berada di sebelah tenggara ...

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Watulawang Gunung Kidul

Written By Admin on Saturday, June 18, 2016 | 6:09 PM

Lokasi Pantai Watulawang - Gunung Kidul seakan tak pernah kehabisan pantai pantai baru nan indah. Kabupaten yang berada di sebelah tenggara Yogyakarta itu memiliki pantai yang indah di setiap sisi batas lautnya. Salah satu pantai yang lagi ngehits adalah Pantai Watulawang Gunungkidul. Lokasi Pantai Watulawang ini sebenarnya tak jauh dari Pantai Indrayanti yang begitu terkenal. Jarak Pantai Watulawang dengan Pantai Indrayanti hanya sekitar 800 meter di sebelah timur.

Keindahan Pantai Watulawang adalah adanya Goa yang berada di karang mulut pantai, Goa ini seperti memiliki sebuah pintu dan bisa dimasuki oleh pengunjung, oleh sebab itu disebut Watulawang (watu = batu, lawang = pintu). Konon kabarnya, Goa ini digunakan oleh Prabu Brawijaya VI untuk bersemedi. Tak heran jika Pantai ini juga sering digunakan untuk upacara adat. 
Rute Menuju Pantai Watulawang Gunungkidul
Rute Menuju Pantai Watulawang Gunungkidul
Selain adanya Goa dan karang karang, Pantai Watulawang juga memiliki hamparan pantai pasir putih meski tak begitu luas. Spot yang paling cantik di Pantai Watulawang ini adalah Gardu Pandang berupa Gazebo yang terdapat di atas karang, dengan jembatan bambu yang menghubungkan antar karang sehingga pengunjung bisa menikmati deburan ombak dalam jarak yang cukup dekat. Namun perlu kewaspadaan yang ekstra bagi tiap pengnjung, agar dapat melihat situasi dan kondisi.

Lokasi Pantai Watulawang

Pantai Watulawang ini tepatnya terletak di Kecamatan Tepus Kabupaten Gunung Kidul. Lokasinya berada di antara Pantai Indrayanti dan Pantai Pok TUnggal, alias di tengah tengahnya. Jaraknya sekitar 1 km dari Pantai Indrayanti.
Pantai Watulawang Gunungkidul
Pantai Watulawang Gunungkidul

Rute Menuju Pantai Watulawang

Untuk menuju ke Pantai Watulawang, cukup mengikuti jalur utama menuju Pantai Selatan Gunung Kidul. Setelah melewati gerbang Retribusi, langsung ikuti arah ke Pantai Indrayanti, setelah itu terus ikuti jalur ke Timur sekitar 800 meter dan ada plang penunjuk ke Pantai Watulawang. Dari jalan utama harus masuk sekitar 200 meter ke selatan. Sayangnya kondisi jalan belum aspal dan masih sempit hanya cukup untuk satu mobil.

Harga Tiket Masuk Pantai Watulawang dan Fasilitas yang ada

Harga Tiket Masuk Pantai Watulawang jadi satu di Gerbang Retribusi yaitu sebesar Rp. 5.000 per orang. Sedangkan untuk biaya parkir Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil. Fasilitas yang ada di Pantai Watulawang cukup lengkap mulai dari kamar mandi, warung warung makan minum, dan gazebo.
SHARE

0 comments :

Post a Comment