Home » , » Menghilangkan Penat Nggak Harus di Pantai Atau Pegunungan Saja Kok. Nih Wisata Sejarah yang Bakalan Membuat Liburan Terlihat Lebih Mengasyikan!

Ah, lagi penat nih, lagu pusing, nih, sebel deh, dan jenuh lah. Pasti itu yang terbesit di pikiran kalian, jika menghadapi segudang aktivita...

Menghilangkan Penat Nggak Harus di Pantai Atau Pegunungan Saja Kok. Nih Wisata Sejarah yang Bakalan Membuat Liburan Terlihat Lebih Mengasyikan!

Written By Admin on Tuesday, October 4, 2016 | 10:25 PM

Ah, lagi penat nih, lagu pusing, nih, sebel deh, dan jenuh lah. Pasti itu yang terbesit di pikiran kalian, jika menghadapi segudang aktivitas yang itu-itu aja kan? ingin rehat sejenak? igin berlibur awalaupun sehari, dua hari? Tapi nggak tahu kemana? Bosan juga mengunjungi wisata yang gitu-gitu aja? Jika bukan wisata pantai, pegunungan atau air terjun. Butuh suasana baru yang menyegarkan pikiran dari kepenatan bukan? tenang Guys! yuk ikut YoPiknik jalan-jalan menelusuri wisata sejarah yang ada di Semarang. YoPiknik bakalan ngajak kalian untuk menelusuri  Kota Lama Semarang. Dijamin Guys!  kalian nggak bakalan repot mengeluarkan biaya. Nggak pake soalnya. Dan pikiran jadi lebih enjoy!



Wisata Kota Lama Semarang merupakan sajian yang megah dengan arsitektur gaya Eropa di masa Lampau. Wisata kawasan sejarah ini banyak berdiri bangunan-bangunan kuno yang eksotis khas peninggalan jaman Kolonial Belanda seakan menyimpan sejuta cerita yang nggakbakalan habis untuk diceritakan ke anak cucu kalian.

Di sekitaran Kota Lama Semarang dibangun kanal-kanal air yang keberadaannya masih bisa untuk disaksikan hingga saat ini, meskipun udah nggak terawat lagi. Namun, dengan ini menyebabkan Kota Lama Semarang mendapat julukan Little Netherland. Why? Sebab lokasinya yang terpisah dengan landscape mirip kota di Eropa serta kanal yang mengelilingi menjadikan Kota Lama Semarang menjadi miniatur Belanda di Semarang. Hebat bukan?

Nah, Guys! ada satu bangunan yang populer dikunjungi saat berada di kawasan wisata sejarah ini yaitu Gereja Blenduk Gereja yang berusia lebih dari dua setengah abad. Sudah tua banget ya ternyata. Gereja yang memiliki nama asli Nederlandsch Indische Kerk dan masih digunakan sebagai tempat beribadah ini, sekarang berubah menajdi Landmark Kota Semarang, karena lidah pribumi sulit untuk mengucapkan nama dalam bahasa Belanda akhirnya mereka menyebutnya sebagai Blenduk Karea memiliki atap yang berbentuk kubah dan berwarna merah bata yang terbuat dari perunggu. Ini juga terjadi pada Jembatan Berok yang pada awalnya menjadi pintu gerbang menuju Kota Lama. Ini sebutannya kayak mau ke dunia lain aja ya pake pintu gerbang segalaJe. mbatan ini dinamai Berok karena kata burg yang memiliki artian Jembatan.



Kemudian di seberang Gereja Blenduk terdapat Gunung Kuno yang menjadi kantor asuransi yang disebut Gedung Jiwasraya. Dan yang paling menarik dari Kota Lama Semarang ini, adalah banyak menyimpan segudang cerita Gedung Marabunta dengan ornament semut raksasa di atas ataspnya. Tempat inilah yang pernah digunakan untuk pertunjukan seorang spionase wanita cantik yang bernama Matahari.

Dulu jaman penjajahan dahulu kawasan ini diawali tandatangan perjanjian antara Kerajaan Mataram dan VOC pada tanggal 15 Januari 1678, saat itu Amangkurat II menyerahkan Semarang kepada VOC sebagai bayaran karena VOC berhasil membatu Mataram menumpas kejahatan, eh salah menumpas pemberontakan Trunojoyo. Nah setelah Semarang berada di bawah kekuasaan VOC, kota akhirnya dibangun dan jadi seperti sekarang ini. Kalian bisa buka buku sejarah jika ingin mengetahui lebih dalam.



Kawasan kota Lama Semarang sekarang sudah menjadi tempat bisnis seperti Stasiun dan Polder Air Tawang, pabrik Rokok Praoe Layar, Bank Mandiri. Dan kenapa alasan Kota Lama Semarang menjadi pusat bisnis, hal tersebut nggak lain karena kawasan Kota Lama Semarang sudah sangat eksklusif terutama pada biaya sewa sehingga banyak pembisnis yang meniggalkan tempat dan berpindah ke tempat lain. Gimana Guys! tertarik untuk mengunjungi Kota Lama Semarang? cek lah langsug ke TKP.

Nih, Guys! YoPikni mencoba memberikan rutenya jika kalian ingin mengunjunghi wisata sejarah tersebut yaitu jika kalian berada di jalur Barat, silahkan kalian menuju Mangkan – Bundaran Kali Banteng (masuk Kota) – Bundaran Tugu Muda dan Lawang Sewu – Jalan pemuda – Pasar Johar – Kota Lama Semarang. Waktu tempuh hanya memakan waktu sekitar 45 menit untuk mencapai kawasan Kota Lama Semarang.



SHARE

0 comments :

Post a Comment